Laporan Dewan Komisaris

Pembaca yang terhormat,

Mewakili Dewan Komisaris, melalui laporan ini kami menyampaikan pandangan tentang Laporan Tahunan PT Pertamina (Persero) untuk periode pelaporan tahun 2019 Berbagai indikator makro dan geopolitik serta dinamika politik nasional sepanjang tahun pelaporan menunjukan kondisi yang stabil. Sejalan dengan itu, kinerja Pertamina tahun 2019 secara umum berjalan dengan sangat baik, sesuai dengan peranya menjaga ketahanan energi nasional, meski dalam beberapa hal masih ada yang perlu ditingkatkan ke depan.

Berikut ini pemaparan kamii sebagai pengantar bagi para pemangku kepentingan dalam memahami kinerja dan kondisi Pertamina tahun 2019.

Laporan Direksi

Para Pemangku Kepentingan kami yang terhormat, Mengakhiri tahun 2019, atas nama Direksi, PT Pertamina (Persero) atau “Pertamina” menyajikan Laporan Tahunan untuk Periode 1 Januari sampai 31 Desember 2019. Di dalam Laporan ini, kami menyampaikan kinerja operasional, keuangan dan tata kelola dengan mengusung tema “Energizing Our Nation”. Semoga para pemangku kepentingan kami dapat semakin memahami kinerja dan peran Pertamina sebagai penyedia energi utama yang inklusif di Indonesia,

  Profil Perusahaan

profilperusahaantext

   Tata Kelola Perusahaan

Sebagai BUMN, Pertamina berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memperkuat kerangka tata kelola perusahaan yang baik (GCG). Prinsip-prinsip GCG sejauh ini diterapkan secara menyeluruh ke dalam sistem tata kerja perusahaan yang wajib dipenuhi oleh seluruh insan Pertamina. Penerapan GCG di Pertamina tidak lagi sebagai sesuatu yang bersifat mandatory melainkan sudah menjadi budaya dan kebutuhan dalam menjalankan aktivitas bisnis sehari-hari mulai dari manajemen puncak hingga pekerja di lapangan.

  Tanggung Jawab Sosial dan   Lingkungan

Keberadaan Pertamina di Indonesia tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk masyarakat secara luas, Di era keberlanjutan, kinerja Pertamina tidak hanya diukur oleh para pemangku kepentingan dari pencapaian ekonomi tetapi juga dari kontribusi terhadap aspek sosial dan lingkungan. Oleh sebab itu, Pertamina membangun tata kelola tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang kuat untuk mengelola dampak dari kegiatan usaha sekaligus memberikan manfaat positif terhadap para pemangku kepentingan dan lingkungan hidup.